Selasa, 19 April 2016

PANDUAN PRAKTIKUM Biotekteknologi

Topik/ Materi : Biotekteknologi
Acara              : Bioteknologi Pembuatan Yoghurt

KI :
3.    Memahami, menerapkan, dan menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif  berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan,  kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
KD :
3. 10    Memahami  tentang prinsip-prinsip bioteknologi yang menerapkan bioproses dalam menghasilkan produk baru untuk meningkatkan kesejahteraan manusia dalam berbagai aspek kehidupan.

Tujuan : Siswa dapat memahami  tentang prinsip-prinsip bioteknologi yang menerapkan bioproses dalam menghasilkan produk baru untuk meningkatkan kesejahteraan manusia dalam berbagai aspek kehidupan.

Dasar teori :
Bioteknologi adalah teknologi yang memanfaatkan organisme (makhluk hidup) untuk menghasilkan produk maupun jasa yang bermanfaat bagi manusia. Berdasarkan tingkat kerumitan dalam pelaksanaan proses proses bioteknologi, bioteknologi dapat dibedakan menjadi dua, yaitu :
a ) Bioteknologi Konvensional
Penerapan bioteknologi konvensional untuk menghasilkan produk, hanya mengandalkan peran organisme sebagai pengubah bentuk maupun kandungan gizi melalui proses fermentasi. Contoh : Keju, yogurt, mentega, tapai dan lain lain. Fermentasi adalah merupakan proses pemecahan glukosa pada bahan makanan oleh mikrobia
b) Bioteknologi Modern
Berbeda dengan bioteknologi konvensional yang masih menggunakan peralatan sederhana, bioteknologi modern telah menggunakan peralatan peralatan yang canggih. Selain itu, bioteknologi modern sudah dilakukan dalam keadaan steril, produksi yang dihasilkan lebih berkualitas, dan dihasilkan dalam jumlah yang besar.
Fermentasi adalah untuk menghasilkan suatu produk (bahan pakan) yang mempunyai kandungan nutrisi, tekstur, biological availability yang lebih baik, disamping itu juga menurunkan zat anti nutrisinya (Darma, 2010). Pada praktikum ini, akan dilakukan sebuah proses fermentasi, yaitu akan membuat youghrt.

Alat adan bahan :
Alat :
1.      Wadah atau toples yang terbuat dari kaca
2.      1 buah ember atau baskom
3.      Lap
4.      Panci
5.      Sendok pengaduk
6.      Kompor gas
Bahan :
1.      Susu bubuk putih
2.      Susu murni
3.      Youghrt Komersial
4.       Gula putih


Cara Kerja ;
1.      Menuangkan susu pada panci dan tempatkan panci diatas kompor
2.      Menambahkan 10 gram susu bubuk (untuk setiap ½ liter susu). Mengaduk dan menghangatkan susu hingga mencapai suhu 900C. Usahakan susu tidak sampai mendidih, Aduk terus menurus untuk mencegah susu terbakar. Pada saat suhu susu telah mendekati suhu 900C, aduk lebih cepat untuk mencegah mendidihnya susu
3.      Mengangkat panci dari kompor, setelah susu mencapai 900C. Biarkan susu menjadi dingin hingga suhu 500C sampai 550C. Pengadukan secara berkala dapat menurukan waktu yang diperlukan untuk mendinginkan susu.
4.      Sambil menunggu proses pendinginan susu, starter youghrt dapat dibuat. Starter youghrt dibuat dengan menambahkan 1 bagian youghrt komersial dengan 2 bagian susu. Mengaduknya sampai merata.
5.      Menuangkan starter youghrt kedalam wadah pembuatan youghrt.
6.      Menuangkan susu yang telah didinginkan kedalam wadah, lalu menutupny rapat. Beri label kelompok dan tanggal pembuatan.
7.      Menempatkan campuran susu dan starter youghrt pada daerah yang hangat. Suhu ideal adalah 39-500C. Biarkan selama 3-8 jam. Perbedaan suhu akan menghasilkan produk yang berbeda. Suhu yang lebih tinggi akan menghasilkan youghrt yang lebih asam sedangkan yang lebih dingin atau rendah akan menghasilkan youghrt kurang asam dan lebih kental
8.      Setelah 3 jam, memeriksa apakah susu telah mengental. Bila sudah memindahkan kedalam refrigator dengan suhu 100C.
9.      Setelah 24-72 jam, memeriksa bau dan rasa dari youghrt yang dihasilkan. Bandingkan dengan produk komersial yang ada.

Tugas Diskusi :
Buatlah analisis tentang produk bioteknologi buatanmu dengan bioteknologi modern.

Daftar Pustaka

Darma, 2010. Bioteknologi Fermentasi. [online]. http://wartawarga.gunadar-ma.ac.id/2010/01/bioteknologi-fermentasi/-diakses-10-04-2014.

2 komentar:

Anonim mengatakan...

Bagus artikelnya bang syahid. Hehehee

SYAHID MUJIBUR mengatakan...

thaks

PENGENALAN ALAT MIKROBIOLOGI DAN STERILISASI

BAB I PENGENALAN ALAT MIKROBIOLOGI DAN STERILISASI A.       KOMPETENSI Mahasiswa dapat mengenal berbagai macam alat-alat di labor...