Senin, 18 April 2016

LKS BIOTEKNOLOGI

Kompetensi Inti
1.   Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
2.  Mengembangkan perilaku (jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli, santun, ramah lingkungan, gotong royong, kerjasama, cinta damai, responsif dan proaktif) dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan bangsa dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia
3.  Memahami,menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingin tahunya tentang  ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan,  kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
4.  Mengolah, menalar, menyaji, dan mencipta dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan.
Kompetensi Dasar
3.10 Memahami  tentang prinsip-prinsip bioteknologi yang menerapkan bioproses dalam menghasilkan produk baru untuk meningkatkan kesejahteraan manusia dalam berbagai aspek kehidupan.
TATA TERTIB
PRAKTIKUM BIOTEKNOLOGI

Praktikan diwajibkan:
1.     Mempersiapkan diri pada acara praktikum yang akan dilakukan, dengan memahami dasar-dasar teorinya.
2.    Sebelum praktikum dimulai diadakan pretes, untuk mengetahui kemampuan siswa dalam memahami materi.
3.    Setiap kelompok diwajibkan membawa alat pembersih, untuk membersihkan meja masing-masing kelompok,
(seperti,alkohol 70%,lap,tempat kisprai.)
4.    Setiap praktikan wajib untuk menggunakan jas laboratorium.
5.    Tidak diperkenakan membawa senjata tajam dan alat-alat yang membahayakan lainnya.
6.    Tidak dibenarkan makan, minum dan merokok di dalam ruangan praktek, berkewajiban menjaga ketertiban dan kebersihan ruangan yang dipakai.
7.    Mengisi daftar hadir, apabila tidak masuk harap memberi surat keterangan yang kuat.





A.      Pengertian Bioteknologi
Bioteknologi berasal dari kata “Bio” dan “teknologi”, dan secara bebas dapat didefinisikan sebagai pemanfaatan organisme hidup untuk menghasilkan produk dan jasa yang bermanfaat bagi manusia. Bioteknologi merupakan proses pemanfaatan agen hayati untuk menghasilkan produk yang bermanfaat bagi manusia. Agen hayati yang biasa digunakan adalah mikroorganisme, seperti bakteri dan jamur. Karena perkembangbiakannya relatif cepat, mudah dimodifikasi dan mampu memperoses bahan baku lebih cepat.
Berdasarkan pengertian bioteknologi tersebut, maka terdapat 4 prinsip dasar bioteknologi, yaitu 1) penggunaan agen biologi, 2) menggunakan metode tertentu, 3) dihasilkannya suatu produk turunan, dan 4) melibatkan banyak disiplin ilmu. Beberapa disiplin ilmu yang terlibat, yaitu bidang pengolahan makanan, bidang kesehatan, bidang pertaniaan dan perkebunan, serta bidang lingkungan.
B.       Jenis-jenis Bioteknologi
1.     Bioteknologi Konvensional/Tradisional
Bioteknologi konvensional merupakan bioteknologi yang memanfaatkan mikroorganisme untuk memproduksi alkohol, asam asetat, gula, atau bahan makanan, seperti tempe,tape, oncom, dan kecap.
2.    Bioteknologi Modern
Seiring perkembangan ilmu pengetahuan, para ahli telah mulai lagi mengembangkan bioteknologi  dengan memanfaatkan prinsip-prinsip ilmiah melalui penelitian. Dalam bioteknologi moderen orang berupaya dapat menghasilkan produk secara efektif dan efisien. Bioteknologi tidak hanya dimanfaatkan dalam industri  makanan tetapi telah mencakup berbagai bidang, seperti rekayasa genetika, penanganan polusi, penciptaan sumber energi, dan sebagainya.


Topik : Bioteknologi
Membuat dan Mengamati pristiwa yang terjadi pada tape ketan yang ditutup dan dibuka.

Tujuan: Agar dapat menerapkan produk bioteknologi modern dan konversional.
Alat dan Bahan:
a.  Alat
1.     Panci
2.    Baskom
3.    Toples
4.    Sendok
b.  Bahan
1.     Beras Ketan
2.    Daun Pisang
3.    Ragi
4.    Air
Cara Kerja
1.     Siapkan alat dan bahan
2.    Cuci beras ketan hingga bersih kemudian rendam selama 1 jam,lalu tiriskan.
3.    Kukus ketan hingga hingga matang,lalu didinginkan.
4.    Setelah merata,masukkan ragi dan taburkan pada ketan.
5.    Masukkan ketan ke dalam 2 wadah, wadah pertama ditutup rapat sedangkan wadah ke 2 dibiarkan terbuka.

6.    Simpan dan amati selama kurang lebih 2 sampai 3 hari.

Tidak ada komentar:

PENGENALAN ALAT MIKROBIOLOGI DAN STERILISASI

BAB I PENGENALAN ALAT MIKROBIOLOGI DAN STERILISASI A.       KOMPETENSI Mahasiswa dapat mengenal berbagai macam alat-alat di labor...