Senin, 18 April 2016

LKS FAKTOR-FAKTOR FREKUENSI PERNAPASAN

A.      DASAR TEORI:
Setiap orang memiliki volume udara yang berbeda-beda,Hal ini dipengaruhi oleh ukuran paru-paru, cara bernapas dan kekuatan orang dalam bernapas. Untuk orang dewasa, volume paru-paru rata-rata 5 - 6 liter.Volume paru-paru terdiri atas volume tidal, volume cadangan inspirasi, volume cadangan ekspirasi, dan volume sisa. Untuk lebih mengetahui, mari cermati uraian berikut ini.
a)        Volume tidal (VT)
Volume tidal merupakan volume udara yang dapat diinspirasikan maupun     diekspirasikan. Setiap pernapasan normal volume tidal + 500 ml.
b)      Volume cadangan inspirasi (VCI)
Volume cadangan inspirasi merupakan volume tambahan udara yang dapat diekspirasikan setelah volume tidal normal. Jumlah volume cadangan inspirasi + 3000 ml.
c)      Volume cadangan ekspirasi (VCE)
Volume cadangan ekspirasi merupakan volume udara yang dapat diekspirasikan setelah ekspirasi tidak normal. Jumlah voume cadangan ekspirasi + 1100 ml.
d)     Volume
Volume sisa merupakan volume yang masih tersisa di dalam paru-paru setelah melakukan ekspirasi dengan kuat. Volume udara sisa + 1200 ml. Pada peristiwa pernapasan diperlukan penyatuan dua volume paru-paru atau lebih. Hal ini disebut kapasitas paruparu.
Kapasitas paru-paru meliputi:
1.      Kapasitas inspirasi (KI)
Kapasitas inspirasi merupakan jumlah volume udara yang dapat dihirup dari eksperimen normal sampai paru-paru dapat mengembang secara maksimum, Jumlah KI + 3500 ml. KI = VT + VCI
2.      Kapasitas residu fungsional (KRF)
Kapasitas residu fungsional merupakan jumlah volume udara yang tersisa di dalam paru-paru setelah melakukan ekspirasi normal. Jumlah KRF + 2300 ml.
3.      Kapasitas vital (KV)
Kapasitas vital merupakan jumlah volume udara
maksimum yang dapat dikeluarkan dari paru-paru setelah inspirasi secara maksimum dan diekspirasikan secara  maksimum. Jumlah KV + 4600 ml. KV = VCI + VCE + VT.
4.      Kapasitas total paru-paru (KTP)
Kapasitas total paru-paru merupakan volume udara
maksimum pengembangan paru-paru dengan inspirasi sekuatkuatnya. Jumlah KTP + 5800 ml. KTP = KV + VR.

Frekuensi paru-paru merupakan kecepatan bernapas. Frekuensi pernapasan pada setiap orang berbeda-beda. Frekuensi pernapasan ini dipengaruhi oleh beberapa faktor antara lain:
1.      Jenis kelamin
Secara umum, laki-laki lebih banyak membutuhkan oksigen dibandingkan   perempuan, karena laki-laki memiliki aktivitas lebih tinggi dibandingkan perempuan sehingga energinya pun lebih banyak dibutuhkan.
2.      saat seseorang dalam masa pertumbuhan lebih banyak
memerlukan energi dan oksigen dibandingkan pada usia lanjut.
3.      Suhu tubuh
Metabolise tubuh akan meningkat saat suhu tubuh menurun. Metabolisme tubuh ini berfungsi untuk menghasilkan panas sehingga membutuhkan oksigen lebih banyak
4.      Posisi tubuh
Saat orang tidur dan sedang berdiri berbeda dalam kebutuhan oksigen. Orang yang banyak membutuhkan oksigen dibandingkan dengan posisi tidur.
5.      Aktivitas
Orang yang memiliki aktivitas tinggi, frekuensi pernapasan lebih cepat dan oksigen dibutuhkan lebih banyak. Hal ini disebabkan, karena metabolisme meningkat untuk menghasilkan energi

B.       KEGIATAN PRAKTIKUM

              I.     Topik:
Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Frekuensi Pernapasan
           II.     Tujuan:
Agar Siswa Mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi frekuensi pernapasan seseorang.
        III.     Alat dan Bahan:
1) Siswa                                  4) Timbangan
2) Alat tulisan                         5) thermometer
3) Stopwatch atau arloji

        IV.     Cara Kerja:
     1) Tentukan siswa yang akan melakukan kegiatan ini dengan ketentuan adanya  perbedaan umur, jenis kelamin, dan berat badan.
2) Masing-masing siswa sebelum melakukan aktivitas catat umur, jenis kelamin, berat   badan, suhu tubuh, dan berat badan.
3) Siswa disuruh dalam posisi duduk, catat frekuensi pernapasan.
4) Setelah itu siswa tersebut disuruh berdiri. Catat kembali frekuensi pernapasannya.
5) Kemudian, siswa tersebut diminta berlari-lari selama + 5 menit. Catat suhu tubuh,    dan frekuensi pernafasannya permenit pada Tabel

                              TABEL PENGAMATAN
No
NAMA
UMUR
BERAT BADAN
JENIS KELAMIN
POSISI DUDUK
P0SISI BERDIRI
SETELAH BERLARI
SUHU TUBUH
FREKUENSI PERNAFASAN
SUHU TUBUH
FREKUENSI PERNAFASAN
SUHU TUBUH
FREKUENSI PERNAFASAN

























 PERTANYAAN:
1) Dari hasil kegiatan, adakah perbedaan jumlah frekuensi pernapasan dari siswa satu dengan   siswa yang lain?
2) Setelah melakukan aktivitas, siapakah yang frekuensi pernapasannya paling banyak dan   paling sedikit?
3) Jelaskan faktor-faktor yang mempengaruhi frekuensi pernapasan. Apa yang dapat disimpulkan. Diskusikan hasilnya dengan

kelompok lain.

Tidak ada komentar:

PENGENALAN ALAT MIKROBIOLOGI DAN STERILISASI

BAB I PENGENALAN ALAT MIKROBIOLOGI DAN STERILISASI A.       KOMPETENSI Mahasiswa dapat mengenal berbagai macam alat-alat di labor...