Minggu, 10 April 2016

MENGUAK SURAT AL ‘INSHIQAQ AYAT 19 MELALUI METAMORFOSIS KUPU-KUPU

MENGUAK SURAT AL ‘INSHIQAQ AYAT 19 MELALUI METAMORFOSIS KUPU-KUPU
By: Ust. Syahid.M.R

 


  


Allah SWT sebagai pencipta alam semesta telah memberika system kehidupan yang sempurna, keindahan yang di ciptakan-Nya telah membawa diri seorang hamba memantabkan keimanan terhadap kuasa Allah SWT yang dapat kita indra di sekeliling kehidupan manusia. Allah SWT berfirman:

“Sesungguhnya kamu melalui tingkatan demi tingkatan dalam kehidupan” (Q.S Al ‘Inshiqaq: 19)

            Kupu-kupu merupakan serangga yang cantik dengan berbagai corak warna pada tubuhnya, sebelum menjadi hewan cantik mulanya adalah hewan yang menjijikan bagi sebagian orang, yaitu ulat. SINAR Al FURQON pada edisi ini akan membahas tentang metamorphosis si cantik yang bernama kupu-kupu. Meramorfosis merupakan merupakan perubahan bentuk tubuh yang terjadi pada suatu organism.

Adapun tahapan-tahapan proses metamorfosis dari kupu- kupu ialah sebagai berikut:

 Telur
Telur kupu–kupu urukuran sangat kecil, biasanya induk betina akan meletakkan banyak telur di atas daun dengan harapan bebrapa dari telur –telur itu dapat bertahan hidup. Telur akan berkembang sampai waktu tertentu, setelah perkembangan embrio di dalam telur maka embrio akan siap keluar dari telur membentuk larva.

  Larva
Disebut juga ulat. Hewan muda dari kupu –kupu ini disebut juga dalam fase makan karena larva senantiasa aktif memakan dedauan yang dihinggapinya. Dengan demikian ukuran ulat lambat laun akan semakin besar membuat ulat berganti kulit sebanyak empat sampai lima kali. Ulat akan banyak makan yang akan disimpan untuk perkembangan menjadi desawa. Ukuran larva dapat sampai 100 kali lebih besar dibanding ukuran saat dewasa.

Pupa (Kepompong)
Fase pupa merupakan fase yang amat penting bagi kupu- kupu karena pada fase ini akan mempersiapkan perubahan yang besar. Sel- sel larva akan berubah membentuk sayap, kaki, mata, dan bagian- bagian tubuh lainnya. Pada fase ini memerlukan energi yang sangat besar, yang diperoleh dari simpanan makanan pada saat fase larva.

 Imago 
Terlihat perubahan bentuk yang amat jauh pada kupu- kupu muda dengan kupu- kupu dewasa. Setelah melewati masa- masa kepompong, kupu –kupu mengalami perubahan bentuk yang amat besar. Fase dewasa ini merupakan fase persiapan untuk reproduksi. Kupu –kupu dewasa merupakan pemakan madu yang diperoleh dari sari –sari bunga. Beberapa kupu –kupu memiliki masa hidup  pada fase dewasa selama satu atau dua minggu.

   Demikianlah Allah SWT menciptakan system kehidupan kupu-kupa harus melalui tingkatan demi tingkatan dalam proses metemorfosis.

Tidak ada komentar:

PENGENALAN ALAT MIKROBIOLOGI DAN STERILISASI

BAB I PENGENALAN ALAT MIKROBIOLOGI DAN STERILISASI A.       KOMPETENSI Mahasiswa dapat mengenal berbagai macam alat-alat di labor...