Senin, 18 April 2016

LKS PEMBELAHAN SEL SECARA MITOSIS PADA AKAR BAWANG


Dasar Teori


Pertumbuhan organisme lazimnya disertai dengan pertambahan jumlah selnya. Oleh karena itu organisme yang bersel banyakterdapat jaringan-jaringan muda yang sel-selnya bersifat embrional sehingga dapat berkemnang biak. Pada tumbuhan bagian tersebut disebut titik tumbuh yang terdapat pada ujung tunas yang masih muda, ujung akar dan lingkaran cambium pada batang dan akar tumbuh-tumbuhan biji belah. Titik tumbuh disebut jaringan meristem. Pada umumnya sel-sel pada jaringan melakukan pembelahan sel melalui dua tahap yaitu mitosis atau kariokinesis dan tahap sitokinesis. Pada mitosis terjadi perubahan struktur dari selnya yang dikendalikan oleh gelendong-gelendong pembelahan sehinngga akhirnya inti membelah menjadi dua inti sel.  Pembelahan ini disertai dengan pembentukan sekat sitoplasma sehingga sel membelah jadi dua.

Alat dan Bahan
Alat
1.      Kaca arloji
2.      Lampu spiritus
3.      Pisau silet
4.      Objek glass dan cover glass
5.      Mikroskop
6.      Pensil bulat
7.      Kertas hisap
Bahan
1.      Akar bawang
2.      Zat warna asetokarmin


Cara Kerja
1.      Ambil bawang bersihkan subangnya, tusuklah bagian atas suing dengan lidi dan letakkan di atas permukaan air pada gelas.

Membuat preparat/sediaan
2.      Potonglah akar-akar bawang dan rendamlah dalam asetokarmin dalam kaca arloji.
3.      Panaskan kaca arloji yang berisi rendaman akar bawang tadihati-hati, sehingga zat warna akan meresap ke dalam sel-sel akar.
4.      Angkatlah sebelum warna larutan asetokarmin mendidih.
5.      Potonglah bagian ujung akar yang paling menyerap zat warna dengan pisau silet.
6.      Letakkan potongan akar itu ke dalam setitik larutan asetokarmin segar di atas kaca objek (satu potong saja), dan cercahkan potongan akar itu dengan pisau silet.
7.      Tutuplah dengan kaca penutup, kemudian tekanlah kaca penutup tersebut dengan menggulungkan pensil bulat di atas kaca pentup. Lakukan dengan hati-hati usahakan setipis mungkin.

Memeriksa preparat
8.    Perikasalah preparat, perhatikan dengan cermat proses pembelahan sel yang terjadi.

Pertanyaan yang muncul
1.  Jelaskan perbedaan antara pembelahan mitosis dan meiosis???

2.  Ada berapa tahapan pembelahan mitosis yang terjadi pada akar bawang merah???

Tidak ada komentar:

PENGENALAN ALAT MIKROBIOLOGI DAN STERILISASI

BAB I PENGENALAN ALAT MIKROBIOLOGI DAN STERILISASI A.       KOMPETENSI Mahasiswa dapat mengenal berbagai macam alat-alat di labor...