Minggu, 27 Mei 2018

Maklah Peta Kromosom


BAB I
PENDAHULUAN

A.    Latar belakang

Pada lalat buah drosophila sampai sekarang telah diketahui kira-kira 5000 gen, sedangkan lalat ini hanya memiliki 4 pasang kromosom saja, yang sepasang  bahkan kecil sekali menyerupai dua buah titik. Berhubung dengan itu, maka pada sebuah kromosom tidak terdapat sebuah gen saja melainkan puluhan bahkan ratusan gen-gen. Peristiwa bahwa beberapa gen bukan alel terdapat pada suatu kromosom yang sama dinamakan berangkai (dalam bahasa inggris: "linkage"). Gen-gennya  dinamakan gen-gen terangkai.
Orang ke dua yang sangat berjasa dalam ilmu Genetika setelah Mendel ialah Thomas Hunt Morgan (1866-1945). Morgan dan kawan-kawan lama sekali mengadakan penelitian pada lalat Drosophil dan akhirnya dinyatakan bahwa gen-gen alel-alelnya yang terletak pada sepasang kromosom homolok berkelompok, yang dinamakan kelompok berangkai (dalam bahasa inggris: “linkage group”). Dari hasil penyelidikan pada berbagai macam makhluk lainnya dapat diambil kesimpulan bahwa banyaknya kelompok berangkai pada suatu individu itu ekuivalen dengan jumlah kromosom haploid dari individu yang bersangkutan .Misalnya pada jagung (Zea mays, n=10) terdapat 10 kelompok berangkai, pada ercis (Pisum sativun, n=7) terdapat 7 kelompok berangkai, pada lalat Drosophi (n= 4) terdapat 4 kelompok berangkai, pada manusia (n= 23) terdapat 23 kelompok berangkai.
Kromosom tersusun atas molekul DNA yang membawa keterangan genetik, oleh karena itu kromosom mempunyai arti penting dalam genetika. Nama kromosom diberikan oleh Waldeyer pada tahun 1888, sedang Morgan dalam tahun 1933 menemukan fungsi kromosom dalam pemindahan materi-materi genetik. Kromosom hanya dapat diamati dengan mikroskop pada saat sel sedang membelah secara mitosis atau meiosis. Kromosom dikatakan sebagai benang pembawa sifat, karena sifat-sifat makhluk hidup pada dasarnya tersimpan di dalam DNA yang terdapat di dalam kromosom. Gen yang menentukan sifat suatu makhluk hidup dibawa oleh struktur pembawa gen yang mirip benang dan terdapat di dalam inti sel (nukleus).
Peta kromosom adalah gambar skema sebuah kromosom yang dinyatakan sebagai sebuah garis lurus dimana diperlihatkan lokus setiap genyang terletak pada kromosom itu. Sentromer dari kromosom biasanya dianggap sebagai pangkal, maka diberi tanda 0 (angka 0). Pada lokus setiap gen dibubuhkanangka yang menunjukkan jarak antara gen itu dengan sentromer atau jarak antara satu gen dengan gen yang lain.

B.     Rumusan Masalah
1.      Apa yang dimaksud dengan peta kromosom?
2.      Bagaimana cara membuat peta kromosom dengan rangkap tiga?
3.      Apa yang dimaksud dengan berbagkai pada kromosom –x?
4.      Bagaimana cara membuat peta kromosom –X?

C.    Tujuan masalah
1.      Untuk mengetaui peta kromosom
2.      Untuk mengetahui cara membuat peta kromosom dengan rangkap tiga
3.      Untuk mengetahuiyang dimaksud dengan berbagkai pada kromosom –x
4.      Bagaimana cara membuat peta kromosom –X







BAB II
PEMBAHASAN

A.    Peta kromosom
Peta kromosom ialah gambar skema sebuah kromosom yang dinyatakan sebagai sebuah garis lurus dimana diperlihatkan lokus setiap gen yang terletak pada kromosom itu. Sentromer dari kromosom biasanya dianggap sebagai pangkal, maka diberi tanda 0 (angka 0). Pada lokus setiap gen dibubuhkan angka yang menunjukkan jarak antara gen itu dengan sentromer atau jarak antara satu gen dengan yang lain (Gambar 1-1).  Jarak itu diberiukuran unit dan 1 unit = 1 % pindah silang.
6,2                   10
            0                                  p                      q
Gambar 1. Contoh Peta Kromosom
Misalnya pada lokus gen p tertuli sangka 6,2.  Ini berarti bahwa jarak antar santromer ke gen p ialah 6,2 unit. Pada lokasi gen q tertulis angka 10, berarti bahwa jarak anta santromer dengan gen q ialah 10 unit. Dengan sendirinya dapat  diketahui jarak antar gen p dan q adalah 10 unit. Dengan sendirinya dapat diketahui jarak antar gen p dan q, ialah 10 – 6,2 = 3,8 unit.
Jarak antara gen p dan q disebut jarak peta. Peta kromosom tanpa menunjukkan letak sentromer dinamika peta relatif.
                        13                    17,7                             26,2    
                        r                       s                                   t                      
misalnya :
Gambar diatas memperlihatkan peta relatip. Jarak antara gen r - s = 4,7 unit; s - t    = 8,5 unit; r – t = 13,2 unit.
Sekarang sudah dibuat peta kromosom (walau belum lengkap) dari lalat Drasophilia (Gambar 2, tanaman tertentu (seperti jagung),hewan ternak dan manusia. Saat dimulainya pembuatan peta kromosom dilakukan pada tahun 1920 oleh para ahli genetika Drasophilia seperti T.H Morgan, C.B.Bridges dan A.H. Sturtevant.
1.      Membuat Peta Kromosom dengan Gen Rangkap Tiga
Di muka telah diketahui bahwa dengan menggunakan dua gen yang rangkap, adanya pindah silang ganda tidakdapat diketahui dari keturunan hasil uji silang. Berhubung dengan itu untuk membuat peta kromosom seyogyanya kita menggunakan gen rangkap tiga diwaktu dilakukan uji silang (dalam bahasa inggris : “Three-point-cross).
Contohnya sebagai berikut:
Mula-mula kita mengawinkan lalat Drasophilia betina homozigotik untuk gen-gen resesip cu (Sayap berkeluk), sr (tubuh bergaris) dan e (tubuh hutam) dengan lalat jantan tipe liar (normal) homozigotik, yaitu Cu (sayap lurus), Sr (tubuh tak bergais) dan E (tubuh kelabu).
Gen-gen tesebut terdapat pada kromosom no.III. Lalat-lalat betina F1 (yang berbentuk trihibrid) kemudian diuji silang dengan lalat jantan yang sama sekali resesip, yaitu sayap berkeluk, tubuh begaris, tubuh hitam. Hasilnya berupa lalat-lalat F2 yang dapat dilihat pada Gambar 3.
Gambar 2. Peta kromosom dari lalat Drosophila.Tidak semua gen dicantumkan pada peta itu. Huruf singkatan adalah nama gen. Lokasi gen tertera dengan angka-angka disebela kiri.
Setelah kita mendapatkan lalat-lalat F2 sebagai hasil uji selang itu, kita mengambil langkah sebagai berikut:
1)      Tetapkan genotip-genotip parental dengan jalan:
a.       Jika mungkin mengadakan rekonstruksi perkawinan lalat-lalat parental.
b.      Memperhatikan kelas fenotip yang paling banyak dalam keturunan itu. Akan tetapi cara ini tidak cermat untuk menetapkan genotip-genotip parental. Hanya berguna apabila data tentang parentalnya tidak diketahui.
Jawab:
P                   cu sr e                         x                   Cu Sr E
                         Cu sr e                                                Cu Sr E
Sayap bekeluk                                                         sayap lurus
Tubuh bergaris                                                        tubuh tak bergaris
Tubuh hitam                                                            tubuh kelabu



F1.                                           Cu St E
Cu sr e
Sayap lurus, tubuh tak bergaris
tubuh kelabu


Uji silang ♀     Cu Sr E                       x       cu sr e
                        Cu sr e                                     cu sr e 
                        Sayap lurus                                              sayap berkeluk
Tubuh tak bergaris                                   tubuh bergaris
Tubuh kelabu                                          tubuh hitam


F2.
1.      Cu Sr E     lurus, tak bergaris, kelabu.....................................786 lalat
cu sr e
2.      cu sr e        berkeluk, bergaris, hitam.......................................753 lalat
cu sr e
3.      Cu sr e       lurus,bergaris,hitam...............................................107 lalat
cu sr e
4.      cu Sr E      berkeluk,tak bergaris,kelabu...................................97 lalat
cu sr e
5.      cu Sr e       lurus,tak bergaris,hitam...........................................86 lalat
cu sr e
6.      cu sr E       berkeluk,bergaris,kelabu..........................................94 lalat
cu sr e
7.      Cu sr E      lurus,bergaris, kelabu.................................................1 lalat
Cu sr e
8.      Cu Sr e      berkeluk,takbergaris,hitam.........................................2 lalat
Cu sr e
Jumlah: 1926 lalat

Gambar 3. Uji silang pada lalat Drosophila dengan gen rangkap tiga. Cara dasar untuk pembuatan peta kromosom

2)      Tetapkanlah tipe-tipe rekombinasi yang dihasilkan oleh adanya pindah silang ganda. Tipe-tipe ini ditandai oleh kelas-kelas fenotip yang paling sedikit.
Jawab
Selanjutnya kita tetapkan urutan letak gen yang sebenarnya, dengan membandingkan genotif tipe-tipe parental dengan genotip tipe-tipe rekombinasi hasil pindah silang ganda. Tentu ada satu gen yang berbeda dan gen inilh yang sebenernya terletak di tengah. Dari hasil uji pindah silang ganda pada lalat Drosophila tersebut didapatkan hasil bahaw Cu Sr E dan cu sr e merupakan tipe-tipe parental. Tipe-tipe rekombinasi hasil pindah silang ganda adalah Cu sr E dan cu Sr e.letak gen sr pada tipe rekombinasi berbeda dengan pada tipe parental. Dimana gen sr ini letaknya di tengah, yaitu antara gen cu dan e. Urutsn gen yang benar adalah cu sr e atau e sr cu.
3)      Setelah urutan letak gen yang sebenarnya diketahui, maka dicari jarak peta antara gen-gen tersebut.
Jawab:
Pindah silang (Ps) antara gen cu dan sr menghasilkankelas fenotip nomor 3, 4, 7 dan 8. Jumlah tipe rekombinai dari kela-kelas ini adalah:
Ps: 107+97+1+2=207.
Karena itu Ps antara cu dan sr= 207/1926=10,75%
Ps anata gen sr dan e menghasilkan kelas fenotip 5.6.7.dan 8. Jumlahh tipe rekombinasi dari kelas-kelas ini adalah: Ps : 86+94+1+2+ 183. Karena itu Ps antara sr dan e + 183/1926 = 9,50%. Jadi, jarak antara gen cu - e = 10.7 unit dan jarak anta gen sr-e = 9,50 unit.
4)      Gambarlah peta kromosom relatip adalah sebagai berikut:
cu                    10,75               st                     9,50                 e
kita tidak meletakkan gen-gen itu sesungguhnya, karena tidak disebutkantentang letak titik 0(sentromer), sehingga jarak salah satu gen itu dari sentromer pun tidak diketahui. Untuk mendapatkan letak titik 0 diperlukan percobaan dengan ribuan macam perkawinan.
Penggunaaan gen rangkap ini hsnys sksn bermanfaat apabila letak gen satu dengan yang lainnya yang terangkai tidakterlalu dekat, sehingga masih di mungkinkan berlangsungnya pindah silang ganda. Para ahli genetika Drosophila telah menetapkan bahwa batas minimum itu adalah 10 unit. Jadi apakah jarak antara suatu gen denga lainnya kurang dari 10 unit,maka tidak akan terjadi pindah silang ganda.
2.      Koinsidens dan interferensi
Terjadinya pindah silang antar segmen-segmen dari kromosom tertentu kebanyakan merupakan fenomena secara kebetulan saja, tetapi distribusinya tidak acak-acakan. Berdasaarkan hukum kemungkinan, maka terjadinya dua pindah silang secara simultan sama dengan hasil berlangsung secara terpisah di dua tempat itu. H.J.Muller dalam tahun kurang frekuensinya dibandingkan dengan yang diharapkan berdasarkan perhitungan distribusi acak-acakan. Muller menegaskan bahwa suatu pindah silang yang terjadi pada suatu tempat tertentu menghambat terjadinya pindah silang lainnya yang berdekatan. Inilah yang dinamakan interferensi. Untuk mencari besarnya interferensi, terlebih dahulu harus dicari koefisien koinsidens (disingkat KK), yaitu perbandingan antara banyaknya pindah silang ganda yang sesungguhnya dengan banyaknya pindah silang ganda yang diharapkan.
Singkatnya:
KK =    

a)      Koefisien interferensi (disingkat KI) = 1-KK
Jadi apabila terdapat interferensi lengkap, tidak akan menghasilkan pindah silang ganda, dan koinsidens dengan nol. Sebaliknya, apabila tidak terjadi iterferensi, maka KK = 1
Pada contoh di muka (Gambar X-12) maka:
-          Pindah silang ganda yang sesungguhnya =  = 0,0016
-          Pindah silang ganda yang diharapkan = 0,1075 X 0,095 = 0,0102
KK =  = 0,16
KI = 1- 0,16 = 0,84

Ini berarti bahwa pindah silang ganda yang terjadi itu hanya 16% saja dari pindah silang ganda yang diharapkan. Interferensi akan kecil apabila gen-gen yang bersangkutan letaknya saling berjauhan. Apabila KK melebihi 1, maka interferensi menjadi negatip.
Contoh lain :
Pada tanaman jagung (Zea mays) dikenal gen-gen yang terangkai, misalnya:
+ (atau Bm) = gen yang menyebabkan tulang daun berwarna hijau (normal)
bm= gen yang menyebabkan tulang daun coklat (mengandung zat antosian)
+ (atau Pr) = gen yang menyebabkan biji berwarna kuning (normal)
pr = gen yang menyebabkan biji berwarna merah
+ (atau V) = gen yang menyebabkan daun berwarna hijau (normal)
v= gen yang menyebabkan daun berwarna hijau pucat
uji silang dari tanaman trihibrid ( ♀   x ♂  )
Menghasilkan keturunan sebagai berikut:
+ pr v    .......... 57 tanaman                      bm + v .......... 2 tanaman
bm pr v .......... 434 tanaman                    +  + v   .......... 1 tanaman
bm + +  ......... 60 tanaman                       + pr +   .......... 3 tanaman
+ + +     ......... 441 tanaman                     bm pr + ......... 2 tanaman
Catatan: cara penulisan genotip disini telah disederhanakan, yaitu dengan menghilangkan gen-gen yang terdapat dibawah garis. Jadi apa yang tercantum sebagai + pr v itu seharusnya ditulis . Demikianlah dengan lain-lainnya.
Pertanyaannya:
1.      Gambarkan peta kromosom relatip dimana gen-gen itu terangkai
2.      Tulislah genotip dari tanaman parental
3.      Berapakah interferensinya?
Jawabannya:
1.      Oleh karena parentalnya tidak diketahui, maka dua individu yang jumlahnya paling banyak, merupakan tipe parental, yaitu (bm pr v) dan (+ + +). Tipe-tipe rekombinasi hasil adanya pindah silang ganda (disingkat:PSG) adalah individu yang jumlahnya paling sedikit, yaitu (+ + v) dan (bm pr +). Salah jika yang diambil (bm + v), sebab gen v menempati tempat yang sama dengan gen v dari (+ + v), jadi singkatnya:
Tipe parental                              Tipe rekombinasi PSG
bm pr  v                                               + + +
+    +   +                                              bm pr  v

Apabila tipe-tipe rekombinasi dibandingkan dengan tipe-tipe parental, maka nampak bahwa ada perbedaan mengenai letak gen v. Berhubungan dengan hal itu gen v seharusnya terletak di tengah, sehingga urutan letak gen yang benar ialah bm v pr atau pr v bm. Jadi tipe parental dengan memperlihatkan urutan letak gen yang benar ialah:
                        bm  v   pr                     pr  v  bm
atau
                         +    +   +                     +   +   +
Andaikata kita menggunakan susunan tipe parental yang pertama, maka:
-          PS antara bm -v =

-          PS antara v - pr =

  =   = 0,008  = 0,8%

Jadi: ─ jarak gen bm ─ v = 12 unit
─ jarak gen v ─ pr   = 0,8 unit

Gambar peta kromosom relatip ialah sebagai berikut:

               bm                                                                         v             pr
 


12                                            0,8

2.      Genotip tanaman trihibridnya ialah . Karena itu genotip dari tanaman parental ialah  dan .
3.      PSG yang sesungguhnya =  = 0,003
PSG yang diharapkan = 0,12 x 0,008 = 0,00096
KK =  = 3,125
KI = 1- 3,125 = -2,125

B.     Berangkai Pada Kromosom-X
Marilah kita tinjau gen-gen yang terdapat pada kromosom-X pada lalar Drosophila, misalnya:
+ (atau Y)= gen yang menyebabkan tubuh berwarna kelabu (normal)
y= gen yang menyebabkan tubuh berwarna kuning
+ (atau W)= gen yang menyebabkan mata berwarna merah (normal)
w= gen yang menyebabkan mata berwarna putih
Mula-mula kita kawinkan lalat betina normal homozigotik(baik warna tubuh maupun warna matanya) dengan lalat jantan tubuh kuning, mata putih. Semua lalat F1 baik yang jantan maupun yang betina akan normal. Apabila lalat-lalat F1 ini dibiarkan kawin sesamanya, didapatkan lalat-lalat F2 sebagai berikut: (Gambar X-13)
a.       Semua lalat betina akan normal, meskipun ada 4 macam genotif
b.      Lalat-lalat jantan terbagi atas 4 kelas, yaitu:
v  Lalat jantan, baik warna tubuh maupun warna matanya
v  Lalat jantan dengan warna tubuh normal, warna matanya putih
v  Lalat jantan dengan warna tubuh kuning, matanya merah
v  Lalat jantan dengan warna tubuh kuning, warna matanya putih
Hasil ini merupakan petunjuk penting dalam usaha pembuatan peta kromosom-X, yaitu bahwa lalat-lalat F2 yang betina tidak berguna, karena semuanya normal. Lalat betina dapat dibuang dan kita cukup perhatikan lalat-lalat jantannya saja, karena fenotipnya memperlihatkan 4 macam variasi.
1.      Pembuatan peta kromosom-X
Disinipun sebaiknya kita menggunakan individu, trihibrid agar supaya akibat adanya pindah silang ganda dapat Nampak dalam keturunan. Berdasarkan pengetahuan diatas, maka disini trihibrid tidak diuji silang seperti halnya dengan pembuatan peta autosom, melainkan dikawinkan dengan individu jantan normal. Kecuali itu kita hanya
P1                                                    X                                         
F1                                                  ♀♀ normal
                                                            =♂♂ normal
F2
           
++
++
♀ normal
♂ normal
+w
♀ normal
♂ tubuh kelabu
Mata putih
y+
♀ normal
♂ tubuh kuning
Mata merah
Yw
♀ normal
♂ tubuh kuning
Mata putih

Gambar 4. Diagram perkawinan pada lalat Drosophila dimana gen-gennya terangkai pada kromosom-X. semua lalat betina dalam F2 adalah normal, tetapi lalat jantannya terbagi atas 4 kelas fenotif. Tanda ♀♀ dan ♂♂ berati banyak lalat.
Memperhatikan keturunan yang jantan saja, sedangkan keturunan yang betina tidaj perlu diikut sertakan dalam penghitungan. Contohnya:
Pada lalat Drosophila dikenal gen-gen yang terangkai seperti:
+= gen yang menentukan mata berwarna merah (normal)
w= gen yang menentukan mata berwarna putih
+= gen yang menentukan tubuh berwarna kelabu (normal)
y= gen yang menenentukan tubuh berwarna kuning
+= gen yang menentukan bulu tak bercabang (normal)
f= gen yang menentukan bulu bercabang
Pada waktu lalat trihibrid ini dikawinkan dengan lalat jantan normal dihasilkan keturunan misalnya sebagai berikut:
♀♀           310 mata merah, tubuh kelabu, bulu tak bercabang (normal)
♂♂           2 mata putih, tubuh kelabu, bulu tak bercabang
9 mata merah, tubuh kelabu, bulu bercabang
87 mata putih, tubuh kuning, bulu bercabang
50 mata putih, tubuh kelabu, bulu bercabang
46 mata merah, tubuh kuning, bulu tak bercabang
4 mata putih, tubuh kuning, bulu tak bercabang
98 mata merah, tubuh kelabu, bulu tak bercabang
4 mata merah, tubuh kuning, bulu bercabang
Pertanyaannya:
1.      Pada kromosom apakah gen-gen itu terangkai? Berikan alasannya?
2.      Gambarkan peta kromosom relatip.
3.      Hitunglah koefisien interferensinya.
4.      Coba buatlah diagram perkawinannya dimulai dari lalat parentalnya.
Jawabanya:
1.      Oleh karena keturunannya dibedakan kelaminnya, maka dapat dipastikan bahwa gen-gen tersebut terangkai pada kromosom-X.
2.      Terlebih dahulu kita tulis turunan dari hasil dari perkawinan itu dengan mengemukakan gen-gen nya, yaitu sebagai berikut:
♀♀:     310      +++
♂♂:     2          w++
            9          ++f
            87        wyf
            50        w+f
            46        +y+
            4          wy+
            98        +++
            4          +yf
                                    Tipe parental             tiperekombinasi PSG
                                          wyf                                    w++
                                         +++                                                +yf

Apabila tipe-tipe parental dibandingkan dengan tipe-tipe rekombinasi, maka Nampak bahwa ada perbedaan mengenai letak gen w. Berhubung dengan itu gen w seharusnya terletak di tengah, sehingga urutan letak gen yang benar ialah y w f atau f w y. Jadi tipe parental dengan memperlihatkan urutan letak gen yang benar ialah:
                        y          w         f                                   f           w         y
                        +          +          +          atau                 +          +          +
            Andaikata kita menggunakan susunan tipe parental yang pertama, maka:
PS antara y – w = (y   +   + )   +   (+   w   f)   +   (y   +   f)   +   (+   w   +)
                                                jumlah keturunan lalat jantan
= 46   +   50   +   4   +   2    =         103 =0,34 = 34%
                        300                              300
PS antara w---f= (y   w   +)   +   (+   +   f)   +   (y   +  f)   +   (+   w   +)
                                                            jumlah keturunan lalat jantan
                                    = 4   +   9   +   4   +   2 = 0,0633 = 6,33%
                                                            300
Jadi:                 - jarak gen y   -   w = 34 unit
-  jarak gen w   -  f   = 6,33 unit
Gambar peta kromosom relatif ialah sebagai berikut:
y                                  34                                w   6,33   f       kromosom X
3.      PSG yang sesungguhnya = 4   +   2   = 0,02
300
PSG yang diharapkan   = 0,34   x   0,0633   = 0,02

KK  = 0,02     = 1, sehingga KI = 1-1 = 0. Berarti tanpa interferensi
            0,02
4.      Genotip lalat trihibridnya ialah    +++  . melihat genotipnya, maka lalat
      y w f
ini tentunya berasal dari lalat-lalat parental  ♀+++     dan    ♂y w f   .
                                                                            +++         
Dengan demikian bentuk diagram perkawinan yang dimula dari lalat-lalat parental sebagai berikut.
P                   +++     X                  ywf
                        +++                            
                        Normal                        kuning,putih
bercaban



 












2.      Berangkai, pindah silang dan peta kromosom pada manusia
Mudah mengerti kiranya bahwa mempelajari berangkai dan pindah silang serta pembuatan peta kromosom pada manusia jauh lebih sukar daripada dengan menggunakan bahan lalat Drosophila dan tumbuh-tumbuhan. Ini disebabkan karena beberapa hal, antara lain:
a)      Pada manusia tidak dapat dilakukan percobaandengan cara mengawinkan manusia seperti kehendak kita.
b)      Gen-gen yang telah diketahui menimbulkan kelainan/penyakit pada manusia jarang dijumpai dan biasanya pengaruh dari gen yang merugikan itu baru akan nampak setelah beberapa generasi.
c)      Jumlah kromosom yang terdapat didalam inti sel tubuh manusia terlalu besar yaitu 46 kromosom, sehingga kemungkinan adanya gen-gen yang terangkai sangat kecil.
Meskipun demikian pada manusiadikenal suatu penyakit semacam buta malam tetapi dapat berakibat buta, yaitu penyakit retinitis pigmentosa. Penyakit ini disebabkan oleg gen dominan R yang terangkai Tak sempurna pada kromosom-X.
Seseorang perempuan yang menderita penyakit itu dan menikah dengan laki-laki normal akan mempunyai anak yang semuanya menderita penyakit tersebut (Gambar 5).
            P    PR            X            r –
                 retinitas                         normal
                 pigmentosa 
FI        Rr =     ♀ menderita retinitas pigmentosa
            R- =     ♂ menderita ratinitas pigmentosa

Gambar 5.  Diagram perkawinan yang memperlihatkan Menurunya
gen penyebab retinitas pigmentosa
Sebaliknya seorang perempuan normal yang kawin dengan laki-laki penderita penyakit itu, menurut perhitungan maka semua anak perempuan akan menderita penyakit itu, sedangkan semua anak laki-laki akan normal (Gambar 5).
            P    rr            X            R –
                 normal                    retinitas                             
                                                pigmentosa 
FI        Rr =     ♀ retinitas pigmentosa
            r-  =     ♂ menderita ratinitas pigmentosa

Gambar 6. Diagram perkawinan antara seseorang perempuan
normal dengan laki-laki retinitas pigmentosa
Ini terkenal sebagai cara mewaris bersilang (“crisscross inheritance”). Akan tetapi penyelidikan membuktikan bahwa pada perkawinan demikian ini pernah dijumpai anak perempuan normal dan anak laki-laki penderita retinitas pigmentosa (Gambar 6).

P               rr       x               R-
                 Normal            retinitis pigmentosa
F1             Rr = ♀ retinitis pigmentosa
                 r-  = ♂ normal
Jelas bahwa individu  dan  pada diagram silsilah itu menyimpang dari yang diharapkan, karena seharusnya semua anak perempuan menderita penyakit itu, sedangkan semua anak laki-laki seharusnya normal.
Kejadian ini disebabkan karena kromosom-X dari ayah membawa gen dominan R, sedangkan pada segmen dari kromosom-Y yang homolog dengan kromosom-X itu terdapat alelnya resesip r . kemudian terjadi peristiwa pindah silang selama spermatogenese, sehingga didapatkan anak dengan fenotip yang berbeda dari semestinya (Gambar 7).
BAB II
PENUTUP

A.    Kesimpulan
Peta kromosom adalah gambar skema sebuah kromosom yang dinyatakan sebagai sebuah garis lurus dimana diperlihatkan lokus setiap genyang terletak pada kromosom itu. Sentromer dari kromosom biasanya dianggap sebagai pangkal, maka diberi tanda 0 (angka 0). Pada lokus setiap gen dibubuhkan angka yang menunjukkan jarak antara gen itu dengan sentromer atau jarak antara satu gen dengan gen yang lain.


Tidak ada komentar:

PENGENALAN ALAT MIKROBIOLOGI DAN STERILISASI

BAB I PENGENALAN ALAT MIKROBIOLOGI DAN STERILISASI A.       KOMPETENSI Mahasiswa dapat mengenal berbagai macam alat-alat di labor...